tono san no enpitsu desuka : apakah pensil milik tono ?

  • pola kalimat
kore wa kb (orang) no kb (benda) desu
pola kalimat diatas digunakan untuk menyatakan kepemilikan benda.
contoh :
korewa watashi no kaban desu (ini adalah tas milik saya)
korewa sakura chan no jisho desu (ini adalah kamus milik sakura)
korewa sakura chan no desu (ini adalah milik sakura)

Q : korewa dare no enpitsu desuka
      (milik siapakah pensil ini ?)
A : sore wa watashi no enpitsu desu
      (itu adalah pensil milik saya)
  • pola kalimat
kore/sore/are wa kb (orang) no kb (benda) dewa arimasen.
pola kalimat diatas digunakan untuk menyangkal kepemilikan benda.
contoh :
kore wa watashi no noto dewa arimasen. (ini bukan buku catatan milik saya).
kore wa budi san no zasshi dewa arimasen (ini bukan majalah milik budi)
kore wa budi san no dewa arimasen (ini bukan milik budi)

Q : sore wa anata no monosashi desuka
      (apakah itu penggaris milik kamu ?)
A : hai , sore wa watashi no monosashi desu
      (ya, itu adalah penggari milik saya) *jika benar
      iie , sore wa watashi no monosashi dewa arimasen
      (bukan, itu bukan milik saya) *jika salah